Smartphone untuk Menghasilkan Foto Berkualitas

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Fitur yang ada di telepon pintar (smartphone) kini berkembang sangat pesat. Kamera yang ada di smartphone dapat menghasilkan foto dengan kualitas baik dan efek filter layaknya kamera DSLR. Hal ini diungkapkan Herry Tjiang, Food Photographer dan Drone Pilot, dalam workshop Smartphone Photography.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka Perpusnas Expo 2019 dan berlangsung di Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional, jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta, pada Selasa (17/9/2019). Herry menjelaskan lighting adalah kunci untuk mendapatkan foto yang bagusSelain itu, pengguna smartphone harus mengenali fitur yang ada seperti speed, ISO, f-stop untuk menghasilkan foto berkualitas.

Herry menyebut, meski mengambil foto menggunakan smartphone, hasil karyanya bisa dicetak dalam ukuran besar dengan resolusi tajam. “Jika ingin mendapatkan efek bokeh dapat diambil dengan jarak dekat dan jika hasil foto overbright biasanya difokuskan ke arah yang netral atau putih,” jelasnya.

Garis bantu bisa dipakai agar hasil foto tidak miring. Selain itu, saat pemotretan sebaiknya menggunakan tripod agar hasilnya lebih stabil.

Dalam paparannya, Herry menampilkan beragam foto yang diambil dengan beberapa macam lensa seperti lensa 24 mm dan 16 mm. Selain menjadi fotografer, Herry juga menulis tiga buku dengan tema foto yakni “7 Hari Belajar Lighting & Styling Food”, “7 Hari Belajar Drone Photography”, dan “7 Hari Belajar Fotografer”.

Acara ditutup dengan memotong kue sebagai perayaan ulang tahun ke-10 Jakarta School of Photographer (JSP)Foto yang dipamerkan di acara ini merupakan hasil karya alumni JSP.

Reporter: Aninda Ernest/Fotografer: Andika Prasetyo

Sumber : https://www.perpusnas.go.id/news-detail.php?lang=id&id=190917015828yIRYvbwnMV

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *