Kegiatan Pelatihan, Pendampingan, dan Penyerahan E-Arsip dengan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Kearsipan Daerah Wilayah I

Kegiatan Pelatihan, Pendampingan, dan Penyerahan E-Arsip dengan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Kearsipan Daerah Wilayah I, di De Java Hotel Jl. Sukajadi 148 Bandung 40161, Jawa Barat dan dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala ANRI (Dr. M. Taufik, M.Si). Dalam sambutannya, Dr. M. Taufik, M.Si, berharap setelah diberikan aplikasi SIKD ini, pengelola kearsipan dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Setelah penerimaan aplikasi SIKD dilanjutkan dengan pendampingan dan pelatihan yang dilakukan oleh tim dari ANRI.

Rangkaian acara meliputi Arahan Kebijakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Konsepsi Pengelolaan Arsip Berbasis TIK, Persiapan Instrumen SIKD dengan 4 Pilar Instrumen Pendukung yang terdiri dari Tata Naskah Dinas, Jadwal Retensi (JRA), Klasifikasi Arsip, dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis (SKKAD). Acara diakhiri dengan penandatanganan dan penyerahan aplikasi E-Arsip (SIKD) selanjutnya dilanjutkan dengan Teori dan Praktek Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Ruang Rapat De Java Hotel Jl. Sukajadi 148 Bandung 40161, Jawa Barat.

Kegiatan ini diawali dengan pengenalan aplikasi SIKD yang dipandu narasumber dari ANRI (Bapak Drs.Hilman Rosmana, M.Hum dan Drs. Bambang Iwan, M.Hum). Sistem Informasi Kearsipan Dinamis merupakan Sistem Pengolahan Arsip berbasis Teknologi Informasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis dikembangkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia. Aplikasi ini adalah web based application dan bersifat multi user. Aplikasi SIKD dapat meningkatkan bisnis proses menjadi lebih cepat dalam hal akses dan proses temu-kembali informasi arsip, pemberian informasi yang lebih baik dan pengambilan keputusan yang lebih cepat terkait dengan akses arsip yang cepat dan tepat.

Acara dilanjutkan dengan pendampingan praktik pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) yang diikuti oleh 22 Kabupaten/Kota Wilayah I Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan staf Pemda yaitu pejabat struktural bidang kearsipan, arsiparis/pengelola arsip, tenaga IT Bidang Kearsipan dan tenaga IT dari Dinas Kominfo

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *