Senin(25/03/2024) Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru melaksanakan kegiatan Workshop Pengembangan Literasi Qur’an “Pengenalan Metode Bait Qur’any Jarimatika Al-Qur’an untuk Menyongsong Generasi yang Agamis” yang dalam hal ini bekerjasama dengan Akademi Literasi Banjarbaru dalam mendukung kegiatan Smartren Ramadhan WAKA7. Narasumber yaitu Ustadz H. Andi Kisworo Saputro, S.Pd.I, yang merupakan pendiri dan pembina Yayasan Bait Qur’any Martapura. Beliau mengajarkan cara mudah menghapal surah-surah pendek menggunakan jari-jemari ditangan kita, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Kasi Peserta Didik SMP, Kepala Disporabudpar Kota Banjarbaru, Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan-Selatan yang diwakili oleh Kasubbag Umum, Pimpinan Cabang Bank Kal-Sel, Budayawan dan Sejarawan, Duta Baca dan Penggiat Literasi Kota Banjarbaru.


Walikota Banjarbaru yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Dr. Hj. Rahmah Khairita,M.M, mengatakan pentingnya literasi Al-Qur’an terutama diera digital yang semuanya serba handphone. Kegiatan workshop ini sangat positif dan harus diadakan secara rutin. Karena dengan semakin kita memahami dan menghapal ayat-ayat Al-Qur’an maka akan membantu kita memahami pesan-pesan kebaikan yang terkandung didalamnya dan dapat menjalani kehidupan dengan baik.
Kegiatan ini selain diikuti oleh para peserta Smartren Ramadhan WAKA7, juga oleh Sekolah Dasar terdekat, total ada 10 sekolah dasar yang diundang, diantaranya SDN 1 sampai dengan 5 Komet, SDN 1 dan 2 Mentaos, SDN 1 dan 2 Guntung Paikat dan SDN 1 Loktabat Utara.[ifi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *